Sunday, July 30, 2023

Parents!!! Jangan Lupa Berkolaborasi Dengan Ahli-ahli Yang Dibutuhkan Anak


Orang tua memiliki peran penting bagi tumbuh kembang anak, khususnya Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Perlu adanya kolaborasi antara Ayah dan Bunda dalam mendidik anak, agar anak dapat tumbuh kembang dengan baik. 


Dalam mengasuh ABK, tentu memiliki pola yang berbeda dengan mengasuh anak pada umumnya. ABK perlu treatment khusus dalam proses tumbuh kembangnya. Orang tua dapat berkolaborasi dengan para Ahli untuk menunjang pertumbuhan anak menjadi lebih baik.


Menurut Yulvia Sani, M.Pd salah satu Dosen Pengampu MK Assessment ABK di Universitas Muhammadiyah Lampung, hal-hal yang perlu diperhatikan orang tua dalam proses tumbuh kembang anak yakni menjadi orangtua yang kooperatif demi progres perkembangan anak.


Kemudian, orang tua harus mampu mengukur kemampuan anaknya sehingga orang tua tidak terlalu berharap lebih (ekspetasi terlalu tinggi). a


Dalam merawat ABK, tentu bukanlah hal yang mudah, perlu kesabaran dan keterampilan. Selain itu, harus konsistensi terhadap home programme yang disarankan sekolah, agar perkembangan anak dapat berjalan dengan baik sesuai batas kemampuannya.


Dalam pelaksanaan home programme tersebut, perlu adanya kerjasama tim yang solid. Hal ini dilakukan agar dapat menunjang progres perkembangan anak.



Editor : Abi Tio & Tim media