Monday, July 3, 2023

Pelatihan Shadow Teacher, Mengenal dan Memahami Tatacara Mendampingi Anak ABK


Merawat "Anak Luar Biasa" bukanlah hal yang mudah bagi orang tua mana pun. Namun, dengan dukungan, perhatian, dan pendampingan yang tepat, anak berkebutuhan khusus dapat tumbuh menjadi pribadi yang percaya diri dan mandiri.


Siapa "Anak Luar Biasa"?


Anak luar biasa, atau yang sering kita sebut Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) adalah mereka yang memiliki hambatan fisik, belajar, interaksi, sosial, serta komunikasi sehingga mempengaruhi aktivitas dalam kehidupan sehari hari (Wiliam Lee Heward)


Sekolah Alam Al - Karim menamakan anak ABK dengan sebutan anak syurga atau 'anak berkemampuan khusus'. Manejemen sekolah Alam Al-Karim menyakini bahwa anak ABK memiliki kemampuan yang unik dan luar biasa, dan itu perlu didukung dan diapresiasi.


Untuk menunjang kemampuan dan kapasitas guru sekolah Alam Al-Karim dalam mendampingi anak syurga, manajemen sekolah mengadakan pelatihan khusus kepada para shadow Teacher (guru pendamping anak syurga). 


Pelatihan ini diisi oleh Umi Risa Gustiana, S.Pd, seorang shadow Teacher yang sudah berpengalaman, kemudian juga didampingi oleh Direktur Sekolah Alam Al-karim, Tila Paulina, M.Pd. (Selasa, 4 Juli 2023)


Ada banyak hal yang perlu dipahami oleh para shadow Teacher tentang anak syurga. Berdasarkan klasifikasinya, anak syurga dibagi menjadi beberapa golongan yaitu  Hambatan Fisik, Hambatan Mental, Hambatan Sosial, Hambatan Sensori dan anak dengan resiko.


Macam-macam golongan ini dijelaskan kepada para shadow Teacher dengan harapan bisa mengerti dan memahami golongan anak syurga. Risa Gustiana menjelaskan bahwa anak berkebutuhan khusus memiliki keunikannya masing-masing, oleh sebab itu perlu melakukan observasi kepada anak syurga.


"Setelah melakukan observasi, kita analisa dan melakukan tindakan yang tepat untuk anak," Tuturnya saat mengisi pelatihan, Selasa, 4 Juli 2023


Disamping itu, Direktur Sekolah Alam Al-karim, Tila Paulina, M.Pd menjelaskan  ada beberapa tugas shadow Teacher yang perlu dipahami diantaranya yaitu ;

- Melaksanakan pendampingan 

- Memberikan bantuan layanan khusus

- Memberikan bimbingan secara berkesinambunaan

- Menyusun instrumen asesmen dan membangun sistem koordinasi dengan orang tua


Umi Tila menjelaskan kepada para shadow Teacher untuk menulis atau menilai anak syurga, yang selanjutnya untuk catatan dan disampaikan kepada orang tua tentang perkembangan anaknya. 




Narasumber:

1. Direktur Sekolah Alam Al-karim, Tila Paulina, M.Pd.

2. Shadow Teacher, Risa Gustiana, S.Pd, 


Editor : Abi Tio & Tim Media