Wednesday, July 5, 2023

Kegiatan Observasi Anak Syurga Sekolah Alam Alkarim

 


Menjelang tahun ajaran baru 2023/2024, para shadow teacher Sekolah Alam Al-Karim melakukan observasi kepada "anak-anak luar biasa". Kamis, 6 Juli 2023


Manajemen Sekolah Alam Al - Karim menamakan "anak-anak luar biasa" dengan sebutan "anak syurga" atau anak berkemampuan khusus. Sekolah menyakini bahwa anak syurga memiliki kemampuan yang unik dan luar biasa, hal ini perlu dibina dan diapresiasi.


Kegiatan Observasi Anak Syurga penting dilakukan untuk mengenal dan memahami anak luar biasa. Selanjutnya,  shadow teacher melakukan evaluasi dan tidakan sesuai dengan kebutuhan sang anak.


Salah satu shadow Teacher berpengalaman, Risa Gustiana, S.Pd mengatakan bahwa dalam mendampingi anak syurga perlu kesabaran dan keuletan.


"Kita sebagai shadow Teacher harus sayang kepada anak, terutama kepada anak syurga," tutur Risa Gustiana


Cinta dan rasa sayang harus melekat pada diri shadow Teacher, agar anak syurga merasa nyaman dan bisa mengikuti kegiatan belajar.


Umi Risa Gustiana menjelaskan bahwa, merawat "anak syurga" bukanlah hal yang mudah. Namun, dengan dukungan, perhatian, dan pendampingan yang tepat, anak berkebutuhan khusus dapat tumbuh menjadi pribadi yang percaya diri dan mandiri. 




Narasumber : Risa Gustiana, S.Pd

Editor : Abi Tio & Tim Media