Saturday, July 8, 2023

Fantastis! Orientasi Mengokohkan Akar dan Meluaskan Dampak Sekolah Alam Alkarim


Mengawali tahun ajaran baru, hampir semua sekolah memulainya dengan kegiatan Masa Orientasi Peserta Didik (MOPD) yang dilakukan satu kali dalam setahun. Namun saja, hanya segelintir sekolah yang melaksanakan kegiatan serupa bagi para orang tua siswa baru. 


Dalam hal ini, SMP dan SM-e Alam Al-karim melakukan orientasi kepada orang tua siswa. Orientasi ini penting dilakukan dalam upaya untuk menyamakan persepsi antara pihak sekolah dengan orang tua dalam mendidik anak.


Orientasi orangtua merupakan salah satu kegiatan wajib di Sekolah Alam Al Karim yang dilakukan setiap awal tahun ajaran baru. Kepala Sekolah SMP Alam Al-karim, Umi Ipit Endri Ristanti, S.Pd menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk Open Mind orangtua siswa baru tentang konsep Sekolah Alam agar antara sekolah dan orangtua bisa berjalan beriringan, bersinergi dalam mendidik putra putri calon pemimpin masa depan. 


"Kegiatan ini tidak hanya berisi open mind, tetapi juga menyampaikan  kompetensi apa yang akan didapat anak-anak selama menjadi siswa di Sekolah Alam Al Karim, sekaligus mengenalkan beberapa kegiatan di kurikulum Sekolah Alam Al Karim." Tutur Ipit Endri, Sabtu 8 Juli 2023


Sekolah Alam Al-karim memiliki moto dalam mendidik siswa/i yakni "Everything Starts With Belief and We believe every children are special and limited edition". Sekolah menyakini bahwa, segala sesuatu berawal dari keyakinan dan setiap anak adalah spesial. Mereka memiliki kemampuan-kemampuan yang hebat.


Saat orientasi orang tua, Sekolah Alam Al-karim menampilkan 2 murid berbakat lulusan dari SMP Al Karim yakni Syein Muhammad Alifa dan Aisyah Lalita Putri. Mereka mempresentasikan kepada orang tua bagaimana pendidikan disekolah. Siswa Syein mempresentasikan bisnisnya yang dinamakan SAALIM.CO (Sekolah Alam Al Karim Company) yang merupakan hasil inisiatif oleh beberapa siswa di SMP Alam Al-Karim. Syein dan kawan-kawannya berbisnis desain logo untuk baju kaos.


Selain itu, juga ada siswi berbakat lulusan dari SMP Alam Al-Karim yakni Aisyah Lalita Putri. Ia berkesempatan untuk mempresentasikan apa yang telah ia raih selama pendidikan di sekolah. Dalam mengawali presentasinya, ia menggunakan bahasa Inggris. Aisyah Lalita Putri merupakan siswi berbakat yang telah berhasil menulis buku dengan judul "The Magic Book". Ia sangat gemar membaca buku, hal inilah yang mendorong dirinya untuk menulis buku.


Perlu di ketahui bahwa sekolah Alam Al-karim memiliki pelatihan bahasa Inggris yang dinamakan "English Course". Para siswa-siswi dilatih untuk bisa berbahasa Inggris. Selain itu, sekolah juga ada kegiatan Students Exchange dan Urban Stories. Kegiatan ini dilakukan diluar kota yang bertujuan untuk menambah pengalaman dan pengetahuan baru bagi siswa. Setelah melakukan kegiatan tersebut, siswa diminta untuk membuat laporan kegiatan dan dipresentasikan menggunakan bahasa inggris. 




Nara sumber: Kepala Sekolah SMP Alam Al-karim, Umi Ipit Endri Ristanti, S.Pd

Editor: Abi Tio & Tim Media