Wednesday, July 12, 2023

Pentingnya Kolaborasi Antara Fasilitator (Guru) dengan Orang Tua Murid


Kolaborasi antara guru dan orang tua murid sangat penting untuk mendukung perkembangan anak secara menyeluruh. Kedua belah pihak memiliki peran yang berbeda namun sama-sama penting dalam memberikan pendidikan dan pembelajaran yang baik bagi anak.


Guru memiliki tanggung jawab dalam memberikan materi pelajaran dan membimbing anak dalam proses pembelajaran di sekolah. Sedangkan, orang tua memiliki tanggung jawab dalam mengasuh anak di rumah serta mendukung kegiatan belajar anak di sekolah.


Kepala SMP Alam Al-karim, Umi Ipit Endri Ristanti, S.Pd menjelaskan bahwa kolaborasi yang baik antara guru dan orang tua dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan perkembangan anak secara maksimal. 


"Fasilitator (guru) dan orang tua bisa saling berbagi informasi tentang kemajuan atau kendala yang dihadapi oleh anak," Tutur Umi Ipit, Kamis 13 Juli 2023


SMP Alam Al-karim memiliki banyak progam kegiatan yang dapat meningkatkan kolaborasi antara Fasilitator dan orang tua murid, seperti Pembinaan Orangtua, Komunitas Bunda Mengaji, Orientasi Orangtua, Parents Meeting, Kajian ayah dan lain sebagainya.


Progam Pembinaan Orang Tua dilakukan setiap 1 bulan sekali, orang tua murid akan dipanggil ke sekolah yang kemudian pihak sekolah menjelaskan tentang perkembangan anaknya.


Kemudian juga ada progam kegiatan "Projek Show". Progam ini dilakukan dalam upaya untuk menunjang bakat-bakat yang dimiliki anak. Para siswa/i ditugaskan untuk membuat sebuah projek sesuai dengan kemampuannya, kemudian dipresentasikan disekolah didepan orang tuanya. Melalui progam ini, orang tua murid bisa melihat anaknya secara langsung tentang bagaimana anaknya membuat sebuah projek. Melalui progam ini juga diharapkan dapat menumbuhkan rasa percaya diri pada diri anak.


Salah satu projek dari siswa yang telah berprestasi yaitu sebuah usaha bisnis yang dinamakan SAALIM.CO (Sekolah Alam Al Karim Company). Bisnis ini merupakan hasil inisiatif oleh beberapa siswa di SMP Alam Al-Karim. Salah satu pelopornya ialah Syein Muhammad Alifa. Bisnis ini bergerak dibidang jasa design logo untuk baju kaos. 


"Kami ingin bersinergi dan berjalan beriringan dalam mendidik putra putri calon pemimpin masa depan," Tutur Umi Ipit


Lanjutnya, "Oleh karena itu, sebagai fasilitator/guru dan orang tua, kita harus aktif dalam menjalin kerjasama dan berkomunikasi dengan baik agar tujuan bersama dalam menciptakan generasi yang berkualitas dapat dicapai,"Tutur Umi Ipit. 




Editor: Abi Tio & Tim Media